Training SPAN untuk Kanwil DJPB

Petik gitar dendangkan lagu

Gitar dipetik suaranya merdu

Mari tetap bersatu padu

Untuk SPAN jaya selalu

 

Itulah satu pantun motivasi yang disampaikan Direktur Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Yuniar Yanuar Rasyid dalam pembukaan “Training SPAN untuk Kanwil DJPB tahun 2015”. Acara yang ditunggu-tunggu user SPAN Kanwil telah dilaksanakan pada tanggal 3-6 Juni 2015 di Training di Treasury Learning Center (TLC) Jalan Wahid Hasyim Jakarta.

 

Peserta yang mengikuti pelatihan tersebut diantaranya Kabid Pembinaan Akuntansi dan Pelaporan Keuangan (PAPK), Kabid Supervisi KPPN dan Kepatuhan Internal (SKKI), 1 orang Kasi dan 1 orang staf pada Bidang PAPK Kanwil DJPB.  Kegiatan pelatihan itu juga diikuti oleh 20 orang staf dari Direktorat APK Kantor Pusat DJPB.

 

Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu materi untuk seluruh peserta, materi untuk Kabid PAPK dan Kabid SKKI, serta materi untuk Kasi dan Staf PAPK.  Materi untuk Bidang PAPK Kanwil DJPB meliputi pemahaman terhadap proses bisnis SPAN dengan menitikberatkan pada materi konsep penyusunan laporan keuangan dalam SPAN, prosedur penyusunan LK BUN 2015 dan analisis atas laporan keuangan.  Hal ini merupakan bentuk persiapan penyusunan Laporan Keuangan semester I Tahun 2015.  Materi untuk Bidang SKKI Kanwil DJPB berupa pemahaman seluruh proses bisnis SPAN yang diperlukan dalam pembinaan KPPN antara lain materi tentang pembinaan KPPN dari Bagian OTL Setditjen PBN, Online Monitoring SPAN dan diskusi panel seluruh modul dalam SPAN. Khusus untuk seluruh peserta dari Bidang PAPK Kanwil DJPB, selain materi teori juga diberikan materi berupa hands on aplikasi SPAN.  Untuk peserta dari Direktorat APK, materi lebih bersifat refreshment training SPAN yang dimaksudkan untuk meningkatkan kembali pemahaman peserta terhadap proses bisnis dan aplikasi SPAN khususnya dalam rangka penyusunan laporan keuangan.

 

Sebagaimana harapan Direktur APK, dengan penyerapan materi pelatihan yang komprehensif, dan didukung niat yang baik serta semangat kerja keras, maka hasilnya pun akan menjadi lebih baik.  Hasil training yang diharapkan adalah Kanwil DJPB pun dapat lebih optimal dalam melaksanakan tugas fungsinya melakukan pembinaan terhadap KPPN untuk memastikan implementasi SPAN berjalan dengan baik. (tdp)

Beri Peringkat :

Your rating: None Average: 3 (2 votes)

Beri Komentar

Silakan login atau daftar dulu untuk mengirim komentar

Komentar Anda :

Bagikan Artikel Ini :

IT-Keunggulan SPAN

Cari tahu jawabannya di halaman  F.A.Q.