SKP Sebuah Ukuran Rasa Kepemilikan dan Kemampuan Menghadapi Perubahan

Pada tanggal 28 November 2011 pejabat dan pegawai KPPN Sampit mengikuti sosialisasi SPAN tentang Survey Kesiapan Perubahan Tahap II yang disampaikan DSU KPPN Sampit, Joko Sumedhi. Selanjutnya Kepala KPPN Sampit, Irwan Wahyu Basuki dalam sambutan mengawali kegiatan sosialisasi menyampaikan bahwa change management merupakan serangkaian proses yang digunakan untuk memastikan bahwa perubahan signifikan dapat dilakukan secara terkontrol dan sistematis serta untuk mengatasi resistensi terhadap perubahan.

Selain itu, Irwan juga menyampaikan bahwa dalam rangka meningkatkan keterlibatan dan pencapaian tujuan organisasi serta untuk melakukan transformasi yang efektif, maka sistem atau proses bisnis yang pernah dilakukan pada masa lalu dan meraih sebuah kesuksesan, belum tentu berlaku efektif pada saat ini dan di masa yang akan datang. Dengan demikian sebuah change management merupakan hal yang penting untuk diperhatikan organisasi, untuk keberlangsungan hidupnya dan meraih keunggulan kompetitif. Langkah - langkah praktis yang dirancang, diarahkan untuk dapat memastikan bahwa change management dapat dilakukan dengan cara yang aktif. Selain itu juga dapat menunjukan nilai - nilai untuk meraih keunggulan, bertindak dengan kematangan, integritas dan tanggung jawab, serta melibatkan seluruh pengguna sistem.

Setelah dilakukan sosialisasi acara dilanjutkan dengan pelaksanaan survey yang dilakukan secara online dan diikuti oleh seluruh pegawai KPPN Sampit. Secara keseluruhan kegiatan ini berjalan lancar. Hal tersebut disebabkan seluruh pegawai telah memahami dan mengerti tujuan dari pelaksanaan SKP. Selain itu pegawai juga telah diberikan penjelasan singkat dari pertanyaan-pertanyaan yang ada pada SKP tersebut. Kepada para pegawai yang telah mengikuti SKP diberikan souvenir SPAN sebagai wujud penghargaan. Hasil Survey Kesiapan Perubahan (SKP) diharapkan menjadi strategi change management yang komprehensif, mengarah ke tujuan yang diinginkan dan menciptakan rasa kepemilikan. Sehingga memungkinkan perbaikan berkelanjutan, terukur dan membangun kemampuan untuk menghadapi perubahan di masa depan.

Kontributor : Joko Sumedhi (DSU KPPN Sampit) – Atik Purnomo (DTP)

Beri Peringkat :

Your rating: None Average: 4.5 (2 votes)

Beri Komentar

Silakan login atau daftar dulu untuk mengirim komentar

Komentar Anda :

Bagikan Artikel Ini :

SPAN-SAKTI-MPN

Cari tahu jawabannya di halaman  F.A.Q.