Seminar Internasional : Fitur utama dari SPAN adalah otomatisasi

Direktorat Jenderal  Perbendaharan bekerjasama dengan The World Bank, pada tanggal 11 November 2015, menyelenggarakan seminar internasional yang mengangkat tema “Unleashing The Potential Of Financial Management Information System for Improved Government Effectiveness”.  Penyelenggaraan seminar internasional tersebut dilaksanakan di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan , dan dilaksanakan sebagai satu rangkaian dalam kegiatan Hari Oeang Tahun 2015 dan Rapimnas Direktorat Jenderal Perbendaharaan.  Narasumber yang dihadirkan dalam seminar internasional ini adalah pakar manajemen keuangan public yang ternama di dunia internasional, yang juga konsultan dari IMF, Suhash Joshi, Suresh Gumalam, Kementerian Keuangan Vietnam dan Direktur SITP Ditjen Perbendaharaan.  Dalam seminar ini, diundang para seluruh pejabat eselon I Kementerian Keuangan dan pejabat lain yang terkait, anggota DPR, DPD, perwakilan Kementerian/Lembaga, lembaga auditor internal dan eksternal pemerintah (BPK dan BPKP), Bappenas, kalangan perbankan, akademisi, beberapa perusahaan yang menerapkan ERP (PGN, Pelindo, Pertamina), Duta Besar beberapa Negara sahabat, Country Director The World Bank Indonesia, pimpinan lembaga internasional seperti IMF, OECD, JICA, dan pemerintah daerah, konsultan SPAN serta project management SPAN.

Tujuan seminar internasional ini adalah untuk memberikan wawasan  kepada peserta seminar mengenai berbagai pengalaman dalam implementasi Integrated Financial Management Information System (FMIS) di Indonesia dan berbagai negara, khususnya untuk memelihara, mengoperasionalkan dan mengembangkan SPAN di masa mendatang.

Dalam penyampaian Keynote Speech nya, Menteri Keuangan Republik Indonesia,  Bambang Brodjonegoro menyampaikan bahwa fitur utama dari SPAN adalah otomatisasi, yang mendukung penelusuran jejak audit, dimaksudkan untuk meningkatkan transparansi dalam manajemen keuangan Negara.  SPAN mengintegrasikan beberapa sub-modul untuk manajemen keuangan negara.  Dengan menggunakan model SPAN, Kementerian Keuangan akan terus memperbaiki manajemen keuangan publik, dari tahap perencanaan dan penyusunan anggaran, perbendaharaan negara, pajak, serta bea dan cukai.  Pengembangan SPAN akan terus dilaksanakan untuk mendukung tercapainya visi Ditjen Perbendaharaan dan Visi Kementerian Keuangan. 

Saat ini, SPAN sudah diimplementasikan pada Direktorat Jenderal Anggaran, Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perbendaharaan, termasuk kantor vertikalnya yang mencakup Kanwil Ditjen Perbendaharaan dan KPPN di seluruh Indonesia, dengan lebih dari 3,600 user licenses yang melayani lebih dari 24,000 satuan kerja. (tdp)

Komentar

Seminar Hukum Keuangan Negara: Hati-hati Mengelola Anggaran Ar

Kantor Lokasi Ditjen Perbendaharaan Propinsi Sulawesi Utara bekerja sama-sama dengan Direktorat Sistim Perbendaharaan, menyelenggarakan Seminar Hukum Keuangan Negara dengan topic ‘’Pengujian Atas Pengeluaran Pemerintah serta Perbuatan Melawan Hukum dalam Penyelesaian Tindak Pidana Korupsi’’, Kamis (16/11).

Seminar itu dilakukan di Aula Gedung Keuangan Negara yang di hadiri utusan dari KPK, Kemendagri, Bareskrim Polri serta utusan pemerintah kabupaten/kota se-Sulut. ‘’Seminar ini begitu baik, sebab yalla shoot bisa menaikkan pikiran dalam melakukan pekerjaan mengelola keuangan daerah jadi tambah baik, ’’ kata Gerardus Mogi, Kepala Tubuh Keuangan Daerah Kota Tomohon selesai seminar.

Banyak info yang menurut Mogi didapat dari seminar itu. Umpamanya, usaha untuk menghindar terjadinya tindak pidana korupsi karna kekeliruan pengelolaan biaya.

‘’Paling tidak dapat di ketahui usaha untuk hindari terjadinya korupsi dalam pengelolaan biaya, terlebih mendekati akhir th. ini, ’’ tegasnya.

Sulaimansyah, Kepala Kantor Lokasi Ditjen Perbendaharaan Propinsi Sulawesi Utara mengingatkan pada semua deretan pemerintah, untuk tingkatkan kehati-hatian dalam mengelola biaya, supaya tidak berlangsung kekeliruan.

‘’Hati-hati dalam mengelola biaya, supaya tidak berlangsung kekeliruan baik untuk dana pusat ataupun daerah, ’’ tuturnya.

Serapan biaya di daerah menurut dia belum juga maksimal. Umpamanya untuk Biaya Pendapatan serta Berbelanja Daerah (APBD) baru capai 55 % keseluruhannya. ‘’Untuk APBN sampai akhir th. kemungkinan cuma dapat capai 88 %. Jadi, kecepatan penyelesaian kerja mesti tambah baik, supaya biaya terserap maksimal,

Hadiri Seminar Tasawuf,

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri pembukaan seminar Internasional Tasawuf Imam Al-Ghazali di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat. Anies terlihat nikmati tampilan band Debu, yang menyanyikan 2 lagu di acara itu.

Anies tiba di Hotel Borobudur, Jalan Lapangan Banten Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (19/1/2018), sekitaran jam 08. 30 WIB. Dia ada niat puasa senin kamis dengan memakai batik lengan panjang berwarna cokelat serta celana panjang dan peci berwarna hitam.

Acara pembukaan seminar tasawuf diawali pada jam 09. 00 WIB, diikuti dengan tampilan band Debu. Anies juga tampak nikmati perbuatan band Debu dengan mengarahkan mobile phonenya ke panggung.

Tampilan Band Debu di acara pembukaan seminar Internasional Tasawuf Imam Al-GhazaliPenampilan band Debu di acara pembukaan seminar Internasional Tasawuf Imam Al-Ghazali (Zhacky/detikcom)

Sekitaran 2 menit Anies mengarahkan handphone ke arah panggung. Tampak kaki kanannya mengentak-entak ke lantai beralaskan karpet di aula tempat berlangsungnya acara

Otomatisasi

Semoga seminar internasional ini bisa memberikan semangat dan wawasan streaming bola kepada peserta seminar mengenai berbagai pengalaman dalam implementasi Integrated Financial Management Information System (FMIS)

Kementerian Keuangan

Kementerian Keuangan selalu melakukan perbaikan manajemen keuangan umum, dari step rencana serta pengaturan biaya, perbendaharaan negara, pajak, tv online indonesia dan bea serta cukai. Pengembangan SPAN selalu dikerjakan untuk mensupport tercapainya visi Ditjen Perbendaharaan serta Visi Kementerian Keuangan.

Perwakilan Kementerian/Instansi

Dalam seminar ini, diundang beberapa semua petinggi eselon I Kementerian Keuangan serta petinggi beda yang berkenaan, anggota DPR, DPD, perwakilan Kementerian/Instansi, instansi auditor internal serta eksternal pemerintah (BPK serta BPKP) , Bappenas, harga mobil jeep kelompok perbankan, akademisi, sebagian perusahaan yang mengaplikasikan ERP (PGN, Pelindo, Pertamina) , Duta Besar sebagian Negara teman dekat

Perbaikan Manajemen Perbendaharaan

Kementerian Keuangan selalu melakukan perbaikan manajemen rencana, perbendaharaan, pajak bea tarif serta cukai memakai system perbendahataan serta anggran negara. Sekian disebutkan Menteri Keuangan, harga mobil lamborghini Bambang Brodjonegoro dalam seminar internasional implementasi span di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Rabu (11/11).

System perbendaharaan serta biaya negara atau span yang di luncurkan Presiden Jokowi April 2015 lantas sangat mungkin kementrian untuk mengawasi batas pembelanjaan.

Menyiapkan Tambah Baik Rencana

penuhi prinsip serta menyiapkan tambah baik rencana serta pengeluaran ke depan. Bambang menyebutkan feature paling utama span yaitu otomatisasi yang mensupport pencarian audit untuk tingkatkan transparansi dalam manajemen keuangan negara serta integrasi dari sebagian suharga mobil toyota b modul untuk manajemen keuangan negara. SPAN dipakai oleh Kemenkeu di 120 service keuangan serta 33 lokasi.

Disamping itu Direktur Bank Dunia untuk Indonesia, Rodrigo Chaves seperti dilaporkan Reporter Elshinta, Dewi Rahmawati menyebutkan dengan sangat mungkin sama-sama sharing info,

Bragam Kesejahteraan

Dengan berbelanja yang tambah baik pemerintah dapat membagikan semakin banyak dana untuk program-program pengurangan kemiskinan serta beragam kesejahteraan dengan lebih rata di semua Indonesia.

span bertindak dalam usaha menjangkau system manajemen keuangan yang lebih akuntabel. Langkah selanjutnya memakai span untuk melakukan perbaikan harga mobil honda rencana kebijakan serta pengawasan pembelanjaan negara yang lebih efisien.

Type-Jenis Camera Camera

Type-Jenis Camera Camera memilika berbagai macam type serta typenya, namun kamera canon di sini cuma juga akan dijelaskan type camera menurut mekanisme kerja serta teknologinya. Type camera menurut media mekanisme kerja serta teknologinya : Camera Film, Pengertian Camera film yaitu camera ini memakai media penangkap atau penyimpanan memakai kamera nikon film yang digulung, camera ini relatif kecil serta tidak mencolok, untuk memperoleh semuah gambar jadi pada camera film ini mesti lewat sistem bersihkan cetak Camera Polaroid,

ok

Kompi TV memberi service streaming channel TV Indonesia dan tayangan segera berolahraga. Kompi TV menghidangkan 21 channel lokal dan menayangkan tv online indonesia siaran berolahraga, seperti Liga BBVA (La Liga Spanyol), Liga Serie A Italia, League 1 Perancis, MLS, Bundes League Jerman, FA Cup, FIFA World cup Qualifier South America & Europe, ATP Tennis 250, Baseball World Classic, Italy Volley League, serta RBS Six Nations Rugby.