SAKTI Kembali diuji

Dimulai Senin, 28 September 2015 bertempat di Treasury Learning Center (TLC) Jakarta Pusat, tim SAKTI kembali mengadakan User Acceptance Test (UAT) SAKTI. Yaitu pengujian aplikasi yang dilakukan langsung oleh para pengguna SAKTI.

 

“Ini adalah pengujian yang berbeda dari pengujian sebelumnya, ini adalah pengujian terhadap penyesuaian-penyesuaian proses bisnis dan aplikasi yang  baru muncul pada saat proses pengembangan hingga saat ini menjelang piloting” ungkap Bapak Achmad Rinaldi Hidayat, Kasubdit Transformasi Sistem Aplikasi Direktorat Transformasi Perbendaharaan dalam sambutan pembukaannya di depan seluruh tim penguji.

 

Tim penguji yang berasal dari para user di KPPN dan Kanwil Wilayah Jakarta ini juga sudah pernah melakukan pengujian SAKTI di tahap sebelumnya. Selain sebagai penguji, mereka adalah trainer sekaligus calon pengguna SAKTI di unit masing-masing.

 

Tim penguji akan melakukan pengujian terhadap 145 skenario yang terdiri dari 851 aktivitas. Pengujian dijadwalkan hingga tanggal Skenario yang diuji adalah skenario penyesuaian yang terdiri dari penyesuaian dari proses bisnis yang belum tercakup pada proses pengembangan awal, penyesuaian berupa proses bisnis baru, dan penyesuaian berupa inisiatif-inisiatif penambahan fitur baru. Penyesuaian-penyesuaian tersebut telah lolos tahapan integration test yang selanjutnya diperlukan pengujian User Acceptance Test sebagai suatu tahapan yang harus dilewati sebelum dilakukan deployment ke dalam core aplikasi SAKTI.

Dari skenario pengujian tersebut salah satu contoh penyesuaian proses bisnis baru adalah pada modul Aset Tetap terkait PMK No.90 tahun 2014 yaitu peraturan baru mengenai mekanisme penyusutan aset tetap terhadap BMN yang telah dilakukan inventarisasi dan penilaian ulang. Sementara untuk penyesuaian akibat dari inisiatif penambahan fitur baru yang akan diuji diantaranya adalah terkait modul Bendahara terhadap pencatatan hibah kas langsung.

 

Pengujian ini merupakan tahapan yang harus dilewati sebelum implementasi. Saat ini SAKTI dalam proses pengembangan dan akan segera diimplementasikan. Dua belas satuan kerja di lingkup Ditjen Perbendaharaan sedang dipersiapkan untuk melakukan piloting, yaitu mengimplementasikan SAKTI untuk pertama kalinya. Saat ini sedang dilakukan proses migrasi dan konversi data pada kedua belas satuan kerja tersebut. (yoyon)

Beri Peringkat :

Your rating: None Average: 4.4 (9 votes)

Beri Komentar

Silakan login atau daftar dulu untuk mengirim komentar

Komentar Anda :

Bagikan Artikel Ini :

Penyimpanan Dokumen DIPA di KPPN

Cari tahu jawabannya di halaman  F.A.Q.