"Role Play" Alur Dokumen SPAN Pada Pembekalan Eselon IV Ditjen Perbendaharaan Tahun 2014

Praktik role play alur dokumen dalam SPAN menjadi salah satu materi dalam kegiatan pembekalan untuk pejabat eselon IV di lingkup Direktorat Jenderal  Perbendaharaan, Sabtu 27 September 2014.

Bertempat di Treasury Learning Center, Jalan Wahid Hasyim Jakarta Pusat peserta dibagi menjadi 3 kelas berdasarkan jabatan, yaitu kelas Seksi Verifikasi Akuntansi (Vera), kelas Seksi Pencairan Dana(PD) dan kelas Seksi Bank. Dimulai dari pemaparan tentang overview proses bisnis SPAN, seluruh peserta mendapatkan materi mengenai  tugas dan fungsi KPPN dalam SPAN, aplikasi konversi,  dan dilanjutkan praktik alur dokumen SPAN.

Secara bergantian, dimulai dari kelompok Seksi Vera,  peserta mendapat pembagian peran mulai dari petugas Front Office (FO), Middle Office (MO), Back Office (BO), Satker dan Bank Persepsi. Panitia dari Tim SPAN Direktorat Transformasi Perbendaharaan menyiapkan 5 skenario untuk dipraktekkan, yaitu skenario alur dokumen Belanja Pegawai, Non Belanja Pegawai, Penatausahaan Penerimaan Negara, Rekonsiliasi Eksternal dan skenario Penolakan Data Supplier. Peserta mempraktekkan langsung langkah demi langkah masing-masing skenario dengan dokumen  pendukung tanpa aplikasi SPAN. Sebab yang menjadi tujuan utama dari sesi role play ini adalah peserta memahami alur dokumen dalam SPAN. Sementara  materi tentang aplikasi SPAN disampaikan di sesi khusus setelahnya dengan hands on masing-masing modul dalam SPAN.

“Materi ini bisa memberi gambaran awal tentang alur dokumen dalam SPAN, cukup membantu bagi saya untuk nanti ketika SPAN diterapkan di kantor saya,” komentar Siti Nurleny Gafar, peserta dari KPPN Raha.

Acara ini  menjadi bagian dari Pembekalan Pejabat Eselon IV Tahun 2014 yang diselenggarakan oleh Bagian Pengembangan Kepegawaian Direktorat Jenderal Perbendaharaan. (Yoyon).

Beri Peringkat :

Your rating: None Average: 3.2 (6 votes)

Beri Komentar

Silakan login atau daftar dulu untuk mengirim komentar

Komentar Anda :

Bagikan Artikel Ini :

IT-Penyampaian ADK

Cari tahu jawabannya di halaman  F.A.Q.