Penyempurnaan Data Supplier pada Aplikasi SPM

Sejalan dengan implementasi SPAN yang telah dilaksanakan sejak awal Januari 2014, dirasa perlu untuk melakukan penyempurnaan proses aplikasi yang dapat mengurangi resiko kegagalan unggah data supplier pada KPPN yang disebabkan oleh kesalahan pengisian data supplier oleh Satker. 

Penyempurnaan tersebut dimulai dari aplikasi SPM yang digunakan oleh satker untuk membuat Surat Perintah Membayar (SPM) ke KPPN.  Direktorat Transformasi Perbendaharaan menyediakan fitur pencarian informasi  supplier yang dapat digunakan oleh  Satker pada  website SPAN yang beralamat pada www.span.depkeu.go.id.

Aplikasi online ini dikembangkan bersama oleh Subdit Tranformasi Aplikasi Direktorat Transformasi Perbendaharaan dan Subdit Pengembangan Aplikasi Direktorat Sistem Perbendaharaan.   Melalui aplikasi ini, nantinya satker dapat melakukan pencarian informasi supplier terlebih dahulu melalui fitur ini.  Tujuannya adalah menghindari kesalahan perekaman data supplier yang dilakukan oleh Satker pada Aplikasi SPM.   Pada saat melakukan pencarian informasi supplier, Satker diminta mengisikan parameter tertentu.   Jika informasi supplier yang dicari ditemukan oleh Satker, Satker diminta mencocokan informasi supplier yang ada pada halaman website SPAN dengan informasi pendukung yang dimiliki oleh Satker, seperti : NPWP, No Rekening, Nama Pemilik Rekening dan lain-lain.  Jika Satker yakin data tersebut telah sama, Satker dapat melakukan unduh ADK supplier dimaksud untuk selanjutnya di unggah pada aplikasi SPM.

Aplikasi SPM akan menyediakan fitur unggah ADK Supplier.  Fitur ini akan melakukan pengecekan sebelum data supplier tersebut disimpan pada aplikasi SPM, apakah informasi supplier dimaksud sudah ada pada aplikasi SPM dengan tanggal update terbaru atau data supplier tersebut belum ada pada aplikasi SPM.   Aplikasi SPM akan menyediakan fitur unggah ADK Supplier untuk semua jenis tipe Supplier, termasuk supplier dengan banyak penerima.  ADK supplier yang akan diunggah ke aplikasi SPM akan dilakukan proses enkripsi.  Dengan demikian, sulit bagi Satker untuk merubah isian elemen informasi Supplier tersebut dan aplikasi SPM akan melakukan proses dekripsi untuk memastikan ADK tidak diubah oleh Satker.

Pada saat satker akan melakukan pembuatan SPM, maka aplikasi SPM akan melakukan proses pemberian flag informasi supplier yang akan dikenali oleh aplikasi konversi pada KPPN, apakah data supplier yang akan dihasilkan oleh aplikasi konversi berupa pendaftaran supplier atau perbaikan supplier.

Dengan penyempurnaan ini diharapkan proses pendaftaran supplier semakin akurat dan mengurangi duplikasi informasi supplier pada database SPAN.  Saat ini aplikasi sedang dalam proses pengujian, diharapkan sebelum pelaksanaan Piloting SPAN Tahap II B, aplikasi ini telah resmi diluncurkan. (Achmad Ford)

Komentar

Aplikasi online ini

Aplikasi online ini dikembangkan bersama oleh Subdit Tranformasi Aplikasi Direktorat Transformasi Perbendaharaan dan Subdit Pengembangan sholat dhuha Aplikasi Direktorat Sistem Perbendaharaan. Melalui aplikasi ini, nantinya satker dapat melakukan pencarian informasi supplier terlebih dahulu melalui fitur ini. Tujuannya adalah menghindari kesalahan perekaman data supplier yang dilakukan oleh Satker pada Aplikasi SPM. Pada saat melakukan pencarian informasi supplier, Satker diminta mengisikan parameter tertentu.

Jika informasi supplier yang dicari ditemukan oleh Satker, Satker diminta mencocokan informasi supplier yang ada pada halaman website SPAN dengan informasi pendukung yang dimiliki oleh Satker, seperti : NPWP, No Rekening, Nama Pemilik Rekening dan jadwal sholat lain-lain. Jika Satker yakin data tersebut telah sama, Satker dapat melakukan unduh ADK supplier dimaksud untuk selanjutnya di unggah pada aplikasi SPM.

DATA HASIL (DS) DIGITAL SPAN ERROR

adk digital span yang baru (hasil revisi) tidak masuk ke aplikasi SPM.(LP Pamekasan) setelah melaporkan ke Pihak KPPN pamekasan dan DJPB Jawa Timur bagian revisi anggaran (PA) tidak membuahkan hasil..kami sebagai satker mohon bantuannya untuk mengatasi hal tersebut..
DS Lama: 1006 8357 0040 6477
DS baru yang tidak bisa masuk aplikasi SPM:9184 4405 3264 5350