Dengan SPAN Kita Semakin Dimanusiakan

Sepulang dari kota Angin Mamiri (Makassar-red) untuk menghadiri Training Duta SPAN Unit, Adi Setiawan (DSU KPPN Palopo), tak membutuhkan waktu lama untuk segera melakukan tugas barunya. Pada Kamis,10/8 bertempat di Aula KPPN Palopo dengan dihadiri kepala kantor, para kepala seksi, para pegawai, dan para honorer diadakan sosialisasi tentang SPAN.

Sebelum memberikan big picture tentang SPAN, di awal pemaparannya DSU langsung bertanya kepada peserta “tolong angkat tangan, siapa yang tidak mendukung adanya SPAN?”. Tak satu pun peserta yang mengangkat tangan. Reaksi ini menyiratkan bahwa mereka telah siap akan datangnya SPAN meskipun belum mendapatkan penjelasan lebih jauh mengenai substansinya. Atau malah sebaliknya?

Saat disampaikannya paparan mengenai gambaran teknis bahwa beberapa pekerjaan yang dilakukan saat ini sebagian akan ditiadakan jika SPAN diimplementasikan, para peserta langsung heboh berkomentar “ Bagus dong kalau begitu, kita semakin dimanusiakan tak ada lagi robot kantor”.

Selama satu jam DSU KPPN Palopo menjelaskan SPAN, selama satu jam itu pula para peserta mulai mengerti dan telah bisa mencintai SPAN itu sendiri, “mirip lagunya ST12”. Inilah wujud semangat kesiapan para pegawai KPPN Palopo. Slide demi slide dipaparkan, tak henti-hentinya DSU mengajak para peserta untuk mensukseskan SPAN walaupun sebagian besar peserta telah menapak usia di atas 46 tahun. “Proyek SPAN ini bukan proyek main-main, biayanya sangat besar, kasihanilah negara kita” kata DSU kepada para peserta untuk menambah kesan keseriusan para pimpinan DJPBN terhadap SPAN. Para peserta pun terlihat meyakini dan mengaminkannya.

Pada penutupan acara, kepala kantor, Saor Silitonga langsung memberikan pengarahan dan mengajak para peserta untuk menyambut SPAN. “ Hal ini akan menyederhanakan berbagai mekanisme yang selama ini masih dikerjakan secara manual, didukung basis teknologi informasi (TI) yang akan mengurangi penggunaan hard copy secara signifikan. Oleh karana itu pengusaan penggunaan TI oleh masing-masing SDM di semua satker, bank/pos, dan terutama KPPN merupakan hal yang tidak bisa ditawar lagi. Sambutlah SPAN, ia ramah layaknya putri keraton, tangguh bagai penjelajah”, pesan beliau menutup acara sosialisasi.

Kontributor : Adi Setiawan (DSU KPPN Palopo)/riss

Beri Peringkat :

Your rating: None Average: 4.6 (36 votes)

Beri Komentar

Silakan login atau daftar dulu untuk mengirim komentar

Komentar Anda :

Bagikan Artikel Ini :

Rekon Satker

Cari tahu jawabannya di halaman  F.A.Q.