Bersiaplah menjadi DUTA SPAN di DJPBN
Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, definisi kata Duta adalah orang yang diutus oleh pemerintah (raja, dsb) untuk melakukan tugas khusus, biasanya ke luar negeri; utusan; misi. Dengan kata lain duta merupakan perwakilan dari suatu negara/organisasi/lembaga untuk melakukan tugas negara/organisasi/lembaga tersebut di mana duta itu ditempatkan. Jika kita mendengar kata duta sangat identik dengan Duta Besar, yaitu wakil diplomatik tertinggi suatu negara yang mewakili pemerintah suatu Negara di negara lain. Duta SPAN tidak jauh berbeda dengan duta-duta lain, artinya seorang duta SPAN nantinya akan bertugas mewakili Tim SPAN dalam mensukseskan implementasi SPAN pada masing-masing unit di lingkungan DJPB. Unit di lingkungan DJPB mencakup kantor pusat, kanwil dan KPPN dengan total unit berjumlah 215 unit, terdiri dari 8 unit kantor pusat, 30 unit kanwil dan 177 unit KPPN. Khusus untuk Direktorat Transformasi Perbendaharaan, dimana unit tersebut sebagai penganggung jawab program SPAN, tidak di wakili oleh seorang Duta SPAN, sehingga total Duta SPAN yang dibutuhkan adalah sebanyak 214 orang. Program Duta SPAN ini merupakan salah satu program komunikasi yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para pegawai mengapa SPAN itu penting dan meningkatkan keterlibatan para pegawai sehingga para pegawai siap mendukung implementasi SPAN. Hasil Survey Kesiapan Perubahan SPAN menunjukkan bahwa persepsi dan pemahaman pegawai terhadap SPAN masih rendah terutama ditingkat eselon IV ke bawah. Jumlah pegawai DJPB yang besar dan tersebar di seluruh Indoensia tentu menjadi tantangan tersendiri. Diharapkan program  Duta SPAN menjadi saluran komunikasi yang efektif bagi seluruh pegawai untuk mendapatkan informasi SPAN secara lengkap. Komunikasi diharapkan dua arah, informasi atau aspirasi dari pegawai di tiap unit juga dapat disampaikan kepada Duta SPAN untuk diteruskan ke Tim SPAN. Seorang Duta SPAN akan menjadi fasilitator program SPAN, tentunya dengan dukungan dari pimpinan unit masing-masing. Tugas seorang Duta SPAN adalah melakukan koordinasi dengan Tim SPAN dalam pelaksanaan program-program SPAN dengan pendampingan dan dukungan pimpinan unit masing-masing (Pejabat Eselon II atau Eselon III). Kesempatan untuk menjadi seorang Duta SPAN terbuka untuk seluruh pegawai/pejabat di lingkungkan DJPB yang memenuhi persyaratan. Profil seorang Duta SPAN yang dicari adalah seorang yang komunikatif, bersahabat, terbuka, senang dengan hal-hal yang baru dan mampu meluangkan waktu disela pekerjaannya untuk menjalankan program SPAN. Dengan menjadi seorang Duta SPAN maka tentunya akan diberikan berbagai pelatihan dan workshop agar dapat melaksanakan tugas dengan baik. Berbagai pengetahuan baru dalam komunikasi, pengorganisasian kegiatan/event, dan membangun jaringan kerja/networking akan diberikan kepada setiap Duta SPAN. Seorang Duta SPAN dapat lebih dahulu mengetahui kabar/informasi atau pengetahuan tentang SPAN dibandingkan dengan pegawai lain. Keterlibatan aktif anda sebagai seorang Duta dalam berbagai program SPAN ke depan dengan menjadi motor penggerak dan koordinator berbagai event mutlak dibutuhkan. Pertanyaan yang sering muncul adalah “apakah berarti jika terpilih menjadi Duta SPAN, maka harus tetap di unitnya sampai SPAN terimplementasi?”. Hal mutasi adalah kewenangan Bagian Administrasi Kepegawaian dan program Duta SPAN tidak berkaitan dengan program mutasi yang disusun oleh pihak yang berwenang. Untuk itu, masing-masing unit wajib mengirimkan minimal 2 calon Duta SPAN dengan tujuan jika terjadi mutasi maka akan ditunjuk calon berikutnya sehingga nantinya di tiap unit tetap memiliki perwakilan. Ayo kita manfaatkan peluang ini untuk mengembangkan diri dengan menjadi Duta SPAN!! Jangan bimbang dan ragu untuk ikut seleksi Duta SPAN jika kurang atau tidak mengetahui apapun tentang SPAN karena itu bukan persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar. Semua hal tersebut dapat dipelajari sejalan dengan pelatihan-pelatihan yang akan diberikan. Segera!! Daftarkan diri anda ke span@depkeu.go.id dan/atau dutaspan@gmail.com melalui softcopy atau kirim hardcopy ke Direktorat Transformasi Perbendaharaan, Gedung Prijadi Praptosurdjo III Lt. III, Jl. Wahidin II No. 3 Jakarta 10710. Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 30 April 2011. Informasi lebih lanjut dapat di baca melalui website http://www.perbendaharaan.go.id atau http://www.span.depkeu.go.id. (ramli) [attachments docid=2190 force_saveas="0" logged_users="0"] [attachments docid=2193 force_saveas="0" logged_users="0"] [attachments docid=2191 force_saveas="0" logged_users="0"] [attachments docid=2192 force_saveas="0" logged_users="0"]

Beri Peringkat :

Your rating: None Average: 2.9 (9 votes)

Beri Komentar

Silakan login atau daftar dulu untuk mengirim komentar

Komentar Anda :

loh kok belum ada mas ramli??

loh kok belum ada mas ramli??

ok thanks

ok thanks

@ hotmanuel : seleksi

@ hotmanuel : seleksi dilakukan dengan 2 tahapan. tahap pertama seleksi adminstrasi dan jika memenuhi kriteria akan mengikuti seleksi online.. pertanyaan-pertanyaan seleksi onlne ini bersifat soft kompetensi (test kepribadian/psikologi, komunikasi, dll)... saat ini panitia sedang melakukan seleksi adminstrasi dan akan mengumumkan siapa peserta yang lulus untuk mengikuti seleksi berikutnya (seleksi online)..

@ Hansa : ikut atau tidak ikut program Duta SPAN, lulus atau tidak lulus tidak akan membuat kita dipindah kan han?? tapi kalo ikut dan lulus kita dapat berperan aktif dalam perubahan besar di DJPB. Untuk informasi, bahwa program Duta SPAN ini tidak terkait dengan kebijakan pola mutasi yang dilakukan oleh Bagian Kepegawaian. Saat ini sedang dikembangkan modul training untuk Duta SPAN sehingga jika terjadi mutasi terhadap Duta SPAN tersebut, maka Tim SPAN akan memberikan training kembali kepada calon Duta SPAN yang baru.

kalo lulus gimana ya... ???

kalo lulus gimana ya... ??? ditempatkan di daerah asal deh..

yang menjadi pertanyaan di

yang menjadi pertanyaan di kami adalah:
test span ini pokok bahasan nya apa aja

Tantangan utama dari hal-hal

Tantangan utama dari hal-hal baru adalah resistensi...saya siap menjadi duta untuk mengkomunikasikan kepada para pegawai betapa pentingnya SPAN sehingga seluruh pegawai siap mendukung implementasi SPAN.

@ Suryadi : panitia akan

@ Suryadi : panitia akan upload rincian aplikasi para calon Duta SPAN yang sudah masuk.. mohon tunggu upload-nya ya...

@ Arief : Berkenaan dengan banyak masukan dari rekan-rekan tentang persyaratan umum seorang Duta SPAN, maka panitia menyesuaikan persyaratan kepangkatan dari pengatur Tk. I(II/D) menjadi Pengatur Muda Tk. I (II/B). Syarat kepangkatan ini dibutuhkan untuk menyesuaikan dengan persyaratan lainnya..

terima kasih buat rekan-rekan yang sudah memberikan komentarnya ya...

buat rekan-rekan yang lain ditunggu aplikasinya...

Siap-siap Audisi nih....!!!

Siap-siap Audisi nih....!!! oke baiklaaah

terima kasih atas infonya,..

terima kasih atas infonya,.. ada yg mengganggu di hemat kami. Menurut berdasarkan S-03354 Surat Program Duta SPAN DJPBN persyaratan umum untuk mengikuti seleksi adalah pangkat minimal II/d (Pengatur Tk. I), sedangkan di leaflet yg terpasang di web site www. perbendaharaan.go.id pangkat minimal II/b (Pengatur Muda Tk. I). Yang benar yang mana nih. Kok pake dibatasi kepangkatan sih..? kami yang di daerah banyak yg dilarang ikut karena pangkatnya belum memenuhi II/d. Tolong konfirmasinya ya. Terima kasih.

menarik, , tapi sayangnya

menarik, , tapi sayangnya khusus DJPB aja ya. .

Bagikan Artikel Ini :

IT - COTS

Cari tahu jawabannya di halaman  F.A.Q.